SAROLANGUN-Menjelang hari raya Qurban yang sebentar lagi akan tiba, biasanya permintaan akan ternak terutama sapi, kerbau dan kambing akan mengalami kenaikan. Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sarolangun sebagai instansi yang berkompeten dalam masalah tersebut siap menjamin ketersediaan ternak di Kabupaten Sarolangun.
“Stok hewan ternak kita terutama menghadapi Hari Raya Qurban tahun ini mencukupi,” kata Kadis Pertanian Sarolangun, Ir Syahrasaddin Msi didampingi Kabid Peternakan Drh Endang Supardi pada Sarolangun Ekspres, kemarin.
Dikatakannya, saat ini ketersediaan ternak di kelompok-kelompok peternak binaan Dispertan masih banyak yang siap potong. Terutama di sentra ternak, seperti Air Hitam, Limun dan Singkut.
“Kalau sewaktu-waktu ada masyarakat yang membutuhkan kita siap menyediakannya,”terangnya.
Sementara itu, menurut Endang, untuk Hari Raya Qurban lonjakan permintaan hewan qurban jarang terjadi. Karena biasanya masyarakat yang ingin berqurban sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya.
“Lain halnya dengan hari lebaran besok akan dipotong, hari ini baru mencarinya, kalau hari raya qurban hewan yang akan dipotong sudah dipersiapkan dari dulu,”tegas Endang.
Endang juga menambahkan, Bidang Peternakan nantinya akan membentuk tim untuk memantau kesehatan hewan yang akan dipotong pada Hari Raya Qurban nanti.
“Kita nanti akan membentuk semacam tim kecil yang akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek keadaan hewan yang akan dikorban, seperti  keadaan kesehatan hewan tersebut apakah memungkinkan untuk di potong,” paparnya.
Saat ini, menurut Endang, petugas yang ada di lapangan juga sudah mulai melakukan vaksinasi terhadap ternak-ternak yang ada di masyarakat terutama kerbau. Kendala saat ini masih banyak ternak terutama kerbau yang belum masuk kandang, karena saat ini petani belum mulai turun kesawah.
“Tapi dari sekitar 7 ribu ekor kerbau yang ada, sudah lebih dari 3 ribu ekor yang kita vaksin,”pungkas Endang.(se9)